FEMALE ZONE – BERITASATU TV 26 NOVEMBER 2017 : IBU INDRA TJAHJANI

FEMALE ZONE – BERITASATU TV 26 NOVEMBER 2017 : IBU INDRA TJAHJANI, Pendiri Komunitas Mbatik Yuuuk.

Kumunitas Mbatik Yuuuk, diawali tahun 2000 untuk lingkungan terbatas. Pada tahun 2008 mulai berbagi bersama teman2 di ‘mailing list’ yang diikuti oleh 65 orang. Sejak itu sahabat-sahabatnya mengajak teman yang lain membatik bersama bu Indra & Kelg….dengan kata kunci ajakannya : MBATIK YUUUK

FEMALE ZONE – BERITASATU TV mengundang Ibu Indra Tjahjani untuk berbincang-bincang tentang kegiatannya mengajak siapa saja untuk Melestarikan Warian Budaya melalui MEMBATIK

Di Youtube dapat dicari dengan kata kunci : Female Zone 26 November 2017

 

berikut penggalan foto2nya :

001A.04B.

001C.

05.

06B.

Buku dapat di pesan via WA 0811 1683 98

11. SIDO MUKTI KALUNG

Motif SIDO MUKTI GAYA YOGYA

08.

12. SIDO MUKTI

13. LOKCAN

14. LOKCAN

Motif LOKCAN

16. NITIK NOGOSARI

Motif NITIK NAGASARI

NAGASARI adalah nama pohon; orang Jawa juga menyebutnya sebagai pohon  Dewadaru  ( dengan nama latin Mesua ferrea L.) adalah pohon anggota suku manggis-manggisan Clusiaceae yang kayunya bernilai ekonomi tinggi. Bagi orang Jawa pohon Nagasari mempunyai ‘kesan magis’. Saat ini merupakan tanaman langka.

17. TUSUK KONDE

18. 3 N

Kipas menggunakan kain Batik Tulis TIGA NEGERI  yang sudah langka, bahkan tidak ada pembatik yang sanggup membuatnya lagi, dikarenakan kehalusan motif yang dibuat.

Disebut kain Batik TIGA NEGERI, karena dahulu proses pewarnaannya dilakukan di tiga tempat, untuk WARNA MERAH GETIH AYAM, dilaksanakan di Lasem, menggunakan akar Mengkudu  (nama latinnya Morinda citrifolia), sedangkan WARNA BIRU dilaksanakan di Pekalongan menggunakan Indigofera sp, sedangkan warna sogan (Peltophorum pterocarpum) atau coklat dilakukan di Solo. Walaupun sekarang dapat dilakukan dengan pewarna sintetis disatu tempat, namun tidak ada pembatik yang sanggup membuat Batik Tiga Negeri ini lagi. Ini mengakibatkan harga kain Tiga Negeri walaupun bekas pakai (lawas) harganya cukup tinggi.

19B. TAS 3 N

Tas BATIK TIGA NEGERI (kain bekas pakai atau lawas).21B. SATRIO MANAH

Kain berwarna sogan dengan motif SATRIO MANAH gaya Solo. Adapun makna motif ini adalah engkaulah satu-satunya pria dihatiku.

22.

Kain motif  TRUNTUM GURDO (depan).

25. KELIHATAN AYAM PUGERNYA

27. INSERT DI ESTUBIZI

29. INSERT INDI

30.INSERT YOPITA

31. NAMA WAKIL PP REDAKSI

 

 

 

Advertisements